Yang kelima dan terbaru dalam seri Age of Wonders yang telah lama berjalan adalah yang pertama memperdagangkan latar fantasi tinggi yang pokok dengan tema fiksi ilmiah yang ramping dan berkilau. Terlepas dari perubahan pemandangan, itu tetap setia pada akarnya, memberikan perpaduan yang sangat baik antara taktik berbasis giliran dan permainan strategi 4X yang paling baik ketika berfokus pada orang baik orang yang Anda temui dan orang yang Anda kirimi perang.

Game Terbaru strategi 4X cenderung menampilkan lahan yang mereka minta agar dijelajahi, diperluas, dieksploitasi, dan dimusnahkan oleh para pemainnya sebagai tidak berpenghuni. Sangat umum untuk memulai permainan baru dengan unit pemukim dan janji tersirat bahwa ini adalah dunia yang belum diselesaikan. Itu ada di sana untuk diambil. Fantasi kolonialis meluas ke penduduk asli, jika mereka ada, diperlakukan sebagai insidental. Paling banter mereka adalah alat peraga netral tanpa ambisi mereka sendiri; paling buruk mereka tidak lebih dari hama yang harus dibasmi.

Age of Wonders: Planetfall menawarkan perspektif yang berbeda. Alih-alih menaklukkan dunia baru, Anda kembali ke rumah setelah bencana yang mengusir leluhur Anda. Masih ada perang yang bisa didapat, masih ada orang yang harus dipindahkan ini tetap merupakan permainan 4X dalam tradisi Sid Meier. Namun dalam sentuhan naratif ringan dari sistem pencarian yang memberikan suara dan tujuan kepada semua orang yang Anda temui, ada saat-saat untuk terhubung kembali dan ditemukan kembali. Dalam arti tertentu, ini menjadi permainan 5X, memungkinkan Anda menggali dan merebut kembali jejak sejarah peradaban Anda.

Penekanan pada arkeologi ini lebih lazim dalam mode kampanye yang sangat substansial daripada dalam peta mode skenario yang digulung secara acak. 13 misi kampanye, yang memungkinkan Anda bermain sebagai keenam dari setengah lusin faksi permainan, dibumbui dengan ketukan cerita bernaskah yang berhasil menyempurnakan sejarah dan hubungan antara berbagai peradaban. Kunjungi koloni asing dan Anda mungkin memicu percakapan antara komandan Anda dan pemimpin faksi lain di mana Anda diminta untuk melakukan pencarian untuk mendapatkan dukungan mereka. Nanti Anda mungkin menemukan faksi ketiga yang menjanjikan Anda beberapa wawasan penting tentang tujuan Anda sendiri sebagai imbalan untuk mengkhianati persahabatan yang baru-baru ini Anda bangun.

Pilihan seperti itu penuh. Setiap faksi, bahkan yang kecil dari suku asli, sibuk membina hubungan dengan yang lain, dan segera menjadi jelas bahwa setiap keputusan baru yang Anda buat akan berpengaruh dan secara bermakna memengaruhi posisi Anda di dunia.

Mode skenario acak tidak dapat mengandalkan cerita skrip kampanye, tetapi setiap peta yang dibuat secara prosedural masih mendukung sistem pencarian dinamis yang sama. Satu faksi mungkin menugasi Anda untuk membantu mereka menyelesaikan beberapa penelitian penting, sementara faksi lain mendesak Anda untuk memburu sekumpulan musuh merepotkan yang menjarah tanah mereka. Pencarian semacam itu tidak hanya membuat Anda tetap terlibat dengan diplomasi antarmuka tetapi juga berfungsi untuk memberikan motivasi yang jelas untuk menjelajahi area baru dan memperluas perbatasan Anda ke arah tertentu.

Terlepas dari apakah Anda memilih kampanye atau skenario, Anda mulai dengan satu penyelesaian dan secara bertahap mengambil alih sektor yang berdekatan untuk mengamankan akses ke sumber daya mereka. Anda membangun unit militer untuk berperang atau untuk melindungi kepemilikan yang baru Anda peroleh. Anda menjajah sektor yang tidak diklaim dan meningkatkannya untuk berspesialisasi dalam memasok koloni Anda dengan makanan, energi, penelitian, atau produksi. Anda harus memahami nama sci-fi yang tidak intuitif dari banyak teknologi, struktur, dan unit, tetapi arahkan mouse ke atas Kinetic Force Manipulation untuk memunculkan tooltip dan Anda segera menyadari bahwa itu berarti “Senjata yang Lebih Baik.”

Memang, itu semua cukup mudah bagi siapa saja yang telah memainkan Civilization atau mencoba-coba lapisan strategis Total War, meskipun terkadang rasanya keputusan ekspansi bukanlah pilihan sama sekali. Ketika dihadapkan pada prospek untuk berekspansi ke salah satu dari dua sektor yang memungkinkan, Anda akan selalu memilih sektor yang menerima produksi bonus dari buruannya daripada sektor yang tidak menawarkan bonus apa pun. Kadang-kadang Anda harus mempertimbangkan manfaat dari satu sumber daya di atas yang lain, tetapi itu bukan pilihan asli salah satu atau mereka lebih mirip dengan apakah Anda membutuhkan sektor sungai yang kaya makanan itu sekarang atau apakah Anda menginginkannya sedikit. sedikit kemudian.

Di antara struktur yang dapat Anda bangun dengan koloni, terdapat juga kekurangan variasi yang mengecewakan. Sebagian besar dari apa yang dapat Anda bangun adalah peningkatan bertahap yang meningkatkan produksi sumber daya sementara bangunan unik, seperti keajaiban dunia dalam Peradaban, atau apa pun yang benar-benar mengubah gaya permainan Anda (bukan hanya mempercepatnya) hanya dirasakan saat mereka tidak ada.

Keputusan yang lebih menarik datang dalam pertempuran. Pasukan dapat berisi hingga enam unit dan dipimpin oleh seorang komandan unit pahlawan. Ketika dua atau lebih pasukan musuh bertemu di peta dunia, pertempuran diselesaikan melalui pertempuran taktis gaya XCOM yang sangat lengkap. Setiap unit dapat bergerak secara individual, berlindung sebagian atau penuh, menyerang dalam jarak dekat atau jarak jauh, dan memanggil sejumlah kemampuan khusus. Berbagai opsi yang Anda inginkan di sini memusingkan.

Setiap unit dapat dilengkapi dengan senjata primer dan sekunder dan hingga tiga mod kemampuan yang diperoleh melalui hadiah pencarian atau dibuka di pohon teknologi. Anda dapat menerapkan template ke semua unit dari kelas yang sama, sehingga infanteri yang baru direkrut, misalnya, akan meningkatkan akurasi dan penyembuhan. Tetapi jika Anda seperti saya, Anda akan menikmati menyingsingkan lengan baju Anda untuk menyesuaikan setiap unit di pasukan Anda. Menambah kompleksitas, unit pahlawan dapat mempelajari keterampilan yang tidak hanya meningkatkan kemampuan mereka sendiri tetapi juga memberikan buff kepada unit yang mereka pimpin.

Saya senang memiliki kewenangan untuk mengembangkan pasukan khusus. Dalam permainan saya saat ini, saya memiliki satu pasukan yang terdiri dari penembak jitu yang dipimpin oleh seorang komandan yang menggunakan debuff pengendalian pikiran dan pasukan kedua yang berfokus di sekitar tangki jarak dekat yang didukung oleh gerutuan defensif yang dapat melempar penutup portabel di mana saja di medan perang. Tingkat penyesuaian yang diizinkan fleksibel dan kuat.

Spesialisasi semacam ini penting karena Anda dapat membawa banyak pasukan ke dalam pertarungan yang sama dan memang, itu menjadi penting saat Anda menghadapi pasukan yang lebih tangguh di pertengahan dan akhir permainan. Setiap tentara di peta dunia yang terletak berdekatan dengan hex tempat pertempuran dimulai akan ditarik ke dalam konflik. Jadi, sebagian besar pertimbangan taktis yang bekerja di sini berasal dari manuver pasukan Anda untuk melebihi jumlah musuh. Pertarungan dapat diselesaikan secara otomatis, memungkinkan Anda untuk menonton AI mensimulasikan pertempuran taktis atau langsung melompat ke hasil, tetapi hal itu menghasilkan kerugian yang tidak perlu di semua kecuali kontes yang paling berat sebelah.

Secara keseluruhan, Age of Wonders: Planetfall adalah paket yang kuat untuk pemain 4X yang ingin menguji diri mereka sendiri melawan sistem pertarungan yang lebih mendalam daripada yang biasanya ditemukan dalam genre ini. Itu sedikit menderita karena pengaturan sci-fi-nya membuat hal-hal sedikit lebih sulit untuk dikaitkan daripada, katakanlah, sejarah manusia yang sebenarnya, tetapi itu mengimbanginya dengan menciptakan pemeran peradaban alien fiksi yang layak untuk diketahui. Awalnya mungkin tidak terasa seperti di rumah, tetapi Anda akan segera menyesuaikan diri.

Age Of Wonders: Ulasan Planetfall

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *